Spesifikasi Mesin Sepeda Motor
Biasanya untuk pemasaran produsen memberikan informasi data tentang mesin (spesifikasi mesin) sepeda motor. Informasi data mengenai spesifikasi mesin sepeda motor yang biasa diberikan produsen dalam memasarkan produk mereka dapat kita lihat pada tabel. 4.
Tabel 4. Contoh Spesifikasi Mesin dari Suzuki Smash
Spesifikasi mesin
|
Contoh data yang diberikan
|
Keterangan
|
---|---|---|
Jenis mesin
|
Empat langkah
|
Jenis yang lain adalah mesin dua langkah
|
|
SOHC
|
Pilihan lainnya DOHC, OHC, SV, dll
|
|
Pendingin udara
|
Yang lainnya ada berpendingin air
|
Jumlah silinder
|
1
|
|
Isi silinder
|
109 cc
|
Volume silinder adalah jumlah total dari volume langkah ditambah dengan volume ruang bakar. Volume ruang bakar adalah volume ruangan yang terbentuk antara kepala silinder dan kepala piston mencapai TMA. Volume langkah adalah volume yang terbentuk pada saat piston bergerak keatas dari TMB ke TMA, dimana volume langkah yaitu volume yang dipindahkan saat piston bergerak tadi. Dihitung dengan suatu rumus dengan satuan cc atau cm3 atau liter/M3 .
|
Langkah piston
|
48,8 mm
|
Langkah adalah gerak tunggal piston yang diukur dengan satuan mm
|
Diameter silinder
|
53,5 mm
|
Diameter silinder adalah diameter bagian dalam dari silinder, diukur dengan satuan mm
|
Perbandingan kompresi
|
9,6:1
|
Perbandingan kompresi adalah perbandingan antara volume silinder dengan volume ruang bakar. Batasan-batasannya adalah: -Mesin dua langkah : 6-8 :1 -Mesin empat langkah: 8-10: 1
|
Daya maksimum
|
7,7 PS/700 rpm
|
PS (prerd starke in jerman) adalah tenaga untuk menggerakkan obyek seberat 75 Kg sejauh 1m dalam 1 secon (makin besar tenaga makin besar jumlah kerja persatuan waktu) 1 PS = 75 Kg.m/sec
|
Torsi maksimum
|
O,81 Kg-m/5500 rpm
|
Ketika sepeda motor bekerja dengan torsi maximum, gaya gerak roda belakang juga maximum. Dengan kata lain daya dorong roda belakang paling besar ketika torsi mesin juga maksimal. Daya dorong roda belakang sama dengan gaya tarik-menarik roda belakang motor dapat maju kedepan dengan adanya gaya tarik ini yang melawan gaya tahanan pada saat berjalan
|
System bahan bakar
|
Karburator
|
|
Saringan udara
|
Elemen kertas
|
|
System starter
|
Listrik dan engkol
|
|
System pelumasan
|
Perendaman oli
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar