Rabu, 30 April 2014

Spesifikasi Mesin Sepeda Motor


Spesifikasi Mesin Sepeda Motor

 
Biasanya untuk pemasaran produsen memberikan informasi data tentang mesin (spesifikasi mesin) sepeda motor. Informasi data mengenai spesifikasi mesin sepeda motor yang biasa diberikan produsen dalam memasarkan produk mereka dapat kita lihat pada tabel. 4.
 
Tabel 4. Contoh Spesifikasi Mesin dari Suzuki Smash
 
Spesifikasi mesin
Contoh data yang diberikan
Keterangan
Jenis mesin
Empat langkah
Jenis yang lain adalah mesin dua langkah
SOHC
Pilihan lainnya DOHC, OHC, SV, dll
Pendingin udara
Yang lainnya ada berpendingin air
Jumlah silinder
1
Isi silinder
109 cc
Volume silinder adalah jumlah total dari volume langkah ditambah dengan volume ruang bakar. Volume ruang bakar adalah volume ruangan yang terbentuk antara kepala silinder dan kepala piston mencapai TMA. Volume langkah adalah volume yang terbentuk pada saat piston bergerak keatas dari TMB ke TMA, dimana volume langkah yaitu volume yang dipindahkan saat piston bergerak tadi. Dihitung dengan suatu rumus dengan satuan cc atau cm3 atau liter/M3 .
Langkah piston
48,8 mm
Langkah adalah gerak tunggal piston yang diukur dengan satuan mm
Diameter silinder
53,5 mm
Diameter silinder adalah diameter bagian dalam dari silinder, diukur dengan satuan mm
Perbandingan kompresi
9,6:1
Perbandingan kompresi adalah perbandingan antara volume silinder dengan volume ruang bakar. Batasan-batasannya adalah: -Mesin dua langkah : 6-8 :1 -Mesin empat langkah: 8-10: 1
Daya maksimum
7,7 PS/700 rpm
PS (prerd starke in jerman) adalah tenaga untuk menggerakkan obyek seberat 75 Kg sejauh 1m dalam 1 secon (makin besar tenaga makin besar jumlah kerja persatuan waktu) 1 PS = 75 Kg.m/sec
Torsi maksimum
O,81 Kg-m/5500 rpm
Ketika sepeda motor bekerja dengan torsi maximum, gaya gerak roda belakang juga maximum. Dengan kata lain daya dorong roda belakang paling besar ketika torsi mesin juga maksimal. Daya dorong roda belakang sama dengan gaya tarik-menarik roda belakang motor dapat maju kedepan dengan adanya gaya tarik ini yang melawan gaya tahanan pada saat berjalan
System bahan bakar
Karburator
Saringan udara
Elemen kertas
System starter
Listrik dan engkol
System pelumasan
Perendaman oli
Teknik Sepeda Motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments